Bisa Jadi Menu Diet Sehat, ini 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan!


Jagung merupakan anggota dari keluarga gandum utuh. Gandum utuh adalah jenis karbohidrat yang bisa memenuhi kebutuhan energi dan tentunya lebih sehat karena mengandung banyak serat.

Bagi orang-orang yang tidak dapat mengonsumsi gluten, jagung bisa jadi alternatif yang baik. Berikut ini lima manfaat jagung untuk kesehatan dilansir dari laman Health.

1. Sebagai penyedia gandum utuh

Bisa Jadi Menu Diet Sehat, ini 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan!riauexpose.com

Sebagai biji-bijian utuh, jagung termasuk dalam kategori makanan yang melindungi kesehatan. Konsumsi biji-bijian mencegah risiko penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes tipe 2. Meskipun mengandung karbohidrat, jagung ternyata dapat menurunkan risiko obesitas.

2. Kaya akan nutrisi

Bisa Jadi Menu Diet Sehat, ini 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan!Pixabay.com

Jagung mengandung berbagai vitamin B dan potasium. Jagung juga mengandung mineral, yang mendukung tekanan darah agar tetap sehat; meningkatkan fungsi jantung; mencegah kontraksi otot; mencegah kram otot; dan membantu menjaga massa otot.

Jagung ternyata juga sebagai pemasok vitamin A sepuluh kali lebih banyak daripada biji-bijian lainnya.

3. Sebagai antioksidan pelindung kesehatan

Bisa Jadi Menu Diet Sehat, ini 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan!hellosehat.com

Lutein dan zeaxanthin, karotenoid utama jagung (pigmen) yang dapat membantu melindungi mata. Khasiatnya telah terbukti mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak.

Sementara itu, quercetin antioksidan telah terbukti mengatasi peradangan akut dan kronis, serta dapat melindungi terhadap penyakit neurodegeneratif, seperti alzheimer.

Quercetin juga telah dikaitkan dengan apoptosis (penghancuran sel terprogram untuk membuang sel yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh) sehingga dapat melawan kerusakan radikal bebas, efek penuaan, dan peradangan.

4. Menyehatkan pencernaan

Bisa Jadi Menu Diet Sehat, ini 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan!Pixabay.com

Manfaat kesehatan lain dari mengonsumsi jagung ialah kita mendapatkan dosis serat yang tidak larut, yang tidak dipecah dan mudah diserap ke dalam aliran darah. Serat yang tidak larut tetap berada di saluran pencernaan, sehingga meningkatkan curah feses untuk membantu makanan bergerak dengan lancar melalui sistem pencernaan.

Hal ini dapat mencegah sembelit, mengurangi risiko penyakit ambeien, dan dapat membantu menurunkan risiko kanker usus besar.

5. Bisa menjadi menu diet sehat

Bisa Jadi Menu Diet Sehat, ini 5 Manfaat Jagung untuk Kesehatan!Pixabay.com

Untuk seseorang yang sedang menjalankan program diet, jagung bisa menjadi pelengkap dalam menu diet. Selain kadar kalori yang rendah, kandungan gula dan lemak dalam jagung juga cukup rendah sehingga dapat menurunkan berat badan.

Sementara, serat jagung dapat membantu mendukung manajemen berat badan sehingga dapat meningkatkan rasa kenyang yang lebih lama.

Dalam program diet sehat, cukup dengan menambahkan jagung dalam salad buah atau camilan manis, seperti es krim atau puding. Jagung rebus juga dapat dijadikan sebagai pengganti nasi, lo!

Yuk, biasakan diri untuk mengonsumsi sajian sejuta umat yang terbukti manfaatnya. Namun, harus sesuai porsi, ya!

sumber

Bagiin Yuk, Biar Temen Kita Tau!
Previous 7 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Seru di Penajam Paser Utara
Next 10 Potret Kocak Ekspektasi vs Realita Saat Liburan di Yogyakarta