7 Tanda Kamu Sebenarnya Kesepian Meski Selama Ini Nggak Sadar


Tahukah kamu bahwa selain sebagai generasi paling narsis, me-me-me generation, milenial juga ternyata menjadi generasi paling kesepian? Menurut penelitian yang dilakukan oleh YouGov terhadap sekelompok orang dari masing-masing generasi (Gen X, Baby Boomer, dan Milenial), 3 dari 10 milenial merasakan kesepian. Media sosial dan internet dituduh sebagai penyebab utamanya. Ironisnya, hingga saat ini, rasa kesepian ini masih dianggap aib dan banyak orang yang segan mengaku kesepian karena takut dianggap nggak punya teman, nggak disukai orang, dan lain sebagainya.

“Ah, aku nggak kesepian kok. Aku cukup sibuk, dan hey, aku juga punya pacar! Nggak mungkin kesepian…”

Sebenarnya, kesepian itu bukan sesuatu yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Misalnya dari status asmaramu atau seberapa banyak teman yang kamu punya. Karena kamu tetap saja bisa kesepian meski setiap malam pergi party dengan teman. Kesepian adalah sesuatu yang terjadi di dalam dirimu, yaitu ketika kamu nggak bisa “nyambung” dengan dunia di sekitarmu, baik dengan orang-orangnya atau apa pun yang kamu lakukan. Uniknya, kesepian ini sering nggak disadari lho. Berikut tanda-tanda kamu (mungkin) kesepian.

1. Kamu sering tertawa berlebihan, termasuk hal-hal yang nggak perlu ditertawakan

tertawa yang berlebihan (Photo by Rodolfo Quirós) via www.pexels.com

Tawa selalu diasosiasikan dengan hal-hal positif. Tawa juga dianggap sebagai obat dari segala sedih dan rasa sepi. Namun, tawa yang berlebihan, bahkan tentang hal-hal yang sebenarnya nggak bisa ditertawakan, itu bisa jadi pertanda buruk. Mungkin, sebenarnya kamu sedang berusaha menghibur diri dengan menertawakan hal-hal yang nggak perlu. Atau sudah sebegitu parahnya rasa sepi yang kamu rasa, sehingga tawa yang kamu berikan itu nggak memiliki makna apa-apa.

2. Kamu sering banget ngecek HP, meski kamu tahu nggak ada notifikasi apa-apa

terus-terusan ngecek HP (Photo by Inga Seliverstova) via www.pexels.com

Pernah nggak sih kamu mengecek ponselmu secara terus menerus? Padahal nggak ada notifikasi atau apa pun yang muncul dari sana. Kamu seolah sedang menunggu balasan, atau menunggu seseorang untuk menghubungimu, padahal kamu juga sebenarnya nggak tahu apa yang kamu tunggu. Kamu hanya merasa perlu mengecek ponselmu terus menerus untuk membunuh rasa sepimu itu.

3. Kamu selalu merasa dirimu sangat sibuk meski yang kamu lakukan hanyalahgegoleran di kasur seharian

selalu merasa sibuk (Photo by Benjamin Combs) via unsplash.com

Ketika teman mengajakmu untuk pergi ke suatu tempat, kamu bilang sedang sibuk. Begitu juga saat ada yang mengajakmu bertemu di akhir pekan. Kamu bilang kamu punya banyak deadline dan hal-hal yang harus dilakukan. Padahal yang sebenarnya kamu lakukan hanyalah tidur-tiduran di kamar dan memikirkan hal-hal yang seharusnya kamu lakukan (tapi nggak kamu lakukan). Mungkin yang sebenarnya terjadi kamu hanya nggak mau ke mana-mana ataupun bertemu siapa pun dan berpura-pura sibuk untuk menghindarinya.

4. Percaya atau tidak, kebiasaanmu belanja berlebihan juga menandakan kamu kesepian

belanja berlebihan (Photo by mentatdgt) via www.pexels.com

Sedikit aneh, namun kebiasaan belanja ini bisa menandakan kesepian dalam dirimu. Terutama bila belanjamu mulai nggak terkontrol, berlebihan, dan bahkan kamu membeli barang-barang yang sebenarnya nggak kamu butuhkan. Orang yang kesepian, seringkali tanpa sadar berusaha memenuhi kekosongan yang dirasa dengan benda-benda materi. Lagipula, belanja itu selalu menyenangkan bukan? Rasa senangnya bisa menutupi kesepian yang diam-diam menggigitmu dari dalam.

5. Sering mandi air hangat atau berendam dalam waktu yang lama? Sebab rasa kesepian meningkat saat kamu kedinginan

sering berendam air hangat (Photo by Craig Adderley) via www.pexels.com

Sama anehnya dengan kebiasaan belanja, kebiasaanmu mandi atau berendam air hangat punya makna lho.  Setelah mengalami hari yang berat, mandi air hangat bisa jadi salah satu relaksasi yang sangat mujarab. Pikiran jadi fresh dan syaraf yang tegang karena stres pun jadi rileks. Tetapi, bila berlebihan, barangkali itu tanda kamu sebenarnya kesepian. Karena selain sebagai relaksasi, mandi air hangat secara ilmiah bisa mengurangi rasa kesepian lho. Studi menyebutkan bawa rasa kesepian akan semakin parah ketika kamu merasa kedinginan. Karenanya, semakin sering kamu merasa butuh mandi air hangat dan semakin lama kamu berendam, kesepianmu semakin besar.

6. Kamu sering datang ke pesta atau ikut nongkrong dengan teman, namun, pada akhirnya memilih diam di pojok dan mendengarkan

ikut nongkrong tapi kesepian (Photo by Aleks Magnusson) via www.pexels.com

Orang yang kesepian nggak selalu dia yang lebih sering ke mana-mana sendirian atau nggak pernah punya acara di akhir pekan. Sebab, kesepian yang paling ekstrem justru terjadi ketika kamu merasa sepi ketika sedang berada di tengah keramaian. Coba ingat-ingat lagi, selama ini apa yang kamu lakukan saat ada acara dengan teman-teman? Apakah kamu benar-benar ikut ngobrol, atau hanya diam di pojokan dengan pikiran yang sibuk ke mana-mana?

7. Seberapa sering kamu update foto selfie di media sosial? Semakin sering kamu melakukannya semakin kesepian pula kamu sebenarnya

keseringan selfie di IG (Photo by Oleg Magni) via www.pexels.com

Rasa kesepian dan sikap denial yang tanpa disadari, membuatmu merasa perlu memberikan kesan yang keliru bagi teman-temanmu. Kamu berusaha keras untuk memberi tahu mereka bahwa kamu bahagia dan nggak kesepian. Biasanya dengan update foto-foto selfie atau foto-foto ceriamu. Mungkin kamu juga pernah sengaja pergi ke sebuah kafe hanya untuk mengambil foto yang bagus untuk diunggah. Jauh di dalam lubuk hatimu, kamu menginginkan perhatian. Dan media sosial, adalah salah satu tempat yang paling mudah untuk mendapatkannya.

Dia yang ke mana-mana sendirian belum tentu kesepian, sedang dia yang party setiap malam belum tentu juga nggak kesepian. Sesekali kesepian itu wajar, tapi di tahap tertentu kesepian bisa memicu depresi yang berbahaya. Bila kamu merasakan tanda-tanda di atas kamu alami, nggak ada salahnya kamu mulai mengevaluasi diri sendiri, apa sih yang membuatmu kesepian? Kalau sudah begitu, tinggal mencari solusi.

sumber

Bagiin Yuk, Biar Temen Kita Tau!
Previous Kemenangan Zozibini Tunzi di Miss Universe dan Pelajaran tentang “Rasa Cantik” yang Penting Kita Pahami
Next 5 Bahaya Tersembunyi Mukbang, Memicu Obesitas hingga Serangan Jantung