5 Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak, Jangan Sepelekan


Ada beberapa jenis penyakit yang dijuluki silent killer, di mana biasanya penyakit ini tidak memiliki gejala yang berat namun membuat penderita meninggal secara mendadak.

Mayoritas orang juga tidak menyadari dengan keberadaan penyakit ini di dalam tubuhnya. Minimnya gejala yang dirasa membuat kebanyakan orang enggan untuk memeriksakan kesehatan secara rutin.

Inilah lima penyakit yang dapat menyebabkan kematian mendadak, sebaiknya jangan disepelekan. Apa saja?

1. Sleep apnea

5 Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak, Jangan SepelekanUnsplash/Kinga Cichewicz

Scientific American dalam lamannya menjelaskan bahwa sleep apnea merupakan sebuah penyakit atau kelainan yang dapat berakibat fatal bagi penderitanya. Secara sederhana penyakit ini merupakan kasus di mana seorang penderitanya dapat kolaps sewaktu-waktu akibat gagal napas yang terjadi dalam kurun waktu di atas 10 detik.

Gangguan ini dapat terjadi kapan saja, terutama pada saat sedang tidur. Akibatnya, otak tidak dapat menerima asupan oksigen secara cukup, dan dapat mengakibatkan pingsan dan bahkan kematian mendadak.

Pada kasus yang fatal, otak sebagai sentral pengendali tubuh telah gagal mengirimkan sinyal atau perintah ke otot tubuh untuk bernapas, akibatnya pasien tidak akan bernapas dalam kurun waktu tertentu, hingga akhirnya pasien tersebut dapat meninggal dalam tidur.

2. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

5 Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak, Jangan Sepelekanheart.org

Tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan kematian secara mendadak, dan ini sangat banyak terjadi dalam dunia medis.

Laman medis Medicinenet.com menuliskan bahwa hipertensi merupakan salah satu penyakit mematikan yang paling banyak dialami oleh warga Amerika dan bahkan dunia. Jika tidak diatasi maka hipertensi akan merusak jantung, ginjal, hingga menyebabkan stroke.

Biasanya tekanan darah tinggi dapat terjadi karena faktor gaya hidup. Sering begadang, makan tak terkontrol, stres, dan jarang olahraga adalah beberapa penyebab hipertensi yang paling umum.

3. Hipoglikemia atau gula darah sangat rendah

5 Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak, Jangan Sepelekantheconversation.com

Hipoglikemia adalah rendahnya kadar gula dalam darah yang dapat mengakibatkan penderitanya pingsan dan bahkan meninggal secara mendadak. Meskipun hipoglikemia merupakan kebalikan dari diabates, namun keduanya ternyata sangat berkorelasi.

Mayoritas penderita hipoglikemia adalah penderita diabetes juga. Dan hipoglikemia dapat terjadi akibat pengaruh obat-obatan antidiabetes yang terlalu berlebihan, misalnya penyuntikan insulin yang tak terkontrol.

Diabetes dan hipoglikemia sama-sama mematikan, hanya saja hipoglikemia lebih berbahaya karena jika gula darah turun sampai di bawah 60 mg/dL maka penderita akan kolaps secara mendadak, dan kematian bisa datang kapan saja.

4. Cedera atau penyakit pada otak

5 Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak, Jangan Sepelekanhealth.harvard.edu

Ada banyak jenis cedera, luka, dan penyakit pada otak, mulai dari yang ringan hingga berat seperti kanker otak. Pada beberapa kasus, cedera dan penyakit otak yang parah dapat mengakibatkan kematian otak dan bahkan kematian tubuh secara mendadak.

Kanker dan tumor otak jenis tertentu memiliki tingkat fatalitas atau kematian yang sangat tinggi, bahkan bersifat mendadak atau tiba-tiba.

Otak merupakan pusat perintah dan saraf yang ada di tubuh manusia, dan jika terdapat cedera atau penyakit parah pada otak, maka akibatnya juga akan sangat fatal.

5. Serangan dan gagal jantung

5 Penyakit yang Dapat Menyebabkan Kematian Mendadak, Jangan Sepelekanpennmedicine.org

Mayoritas kematian mendadak yang dialami banyak orang di dunia adalah akibat serangan dan gagal jantung. Penyakit ini sangat mematikan dan bahkan memiliki gejala yang samar. Banyak orang yang menganggap gejala samar tersebut hanyalah kelelahan biasa atau bahkan masuk angin.

Serangan jantung adalah kondisi di mana darah tidak dapat terpompa dengan baik akibat terhambat oleh lemak dan penyumbatan pembuluh darah. Serangan jantung dapat menyebabkan penderitanya kolaps seketika.

Sedangkan gagal jantung adalah kondisi di mana otot jantung yang bertugas memompa darah, perlahan-lahan menjadi lemah dan bahkan berhenti total. Gejala gagal jantung ini yang sering kali terasa sangat samar sehingga tidak disadari banyak pasien.

Itulah lima penyakit yang dapat menyebabkan kematian mendadak. Jaga selalu kesehatan kamu, dan semoga kamu selalu sehat dan bugar, ya!

sumber

Bagiin Yuk, Biar Temen Kita Tau!
Previous Selain Fashion, 5 Hal ini Bisa Dijual untuk Online Shop Kekinian!
Next 6 Website Gratis untuk Membuat CV, Dijamin Bikin HRD Jatuh Hati!