5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Bakar Lemak di Perut


Membakar lemak di perut sering kali menjadi pekerjaan rumah yang cukup sulit dituntaskan. Meski diet dan olah raga yang dilakukan berhasil menurunkan berat badan, tak jarang perut masih saja terlihat buncit seolah lemak enggan pergi. Masalah semacam ini bisa saja dipicu oleh kesalahan-kesalahan yang tanpa sadar sering kita lakukan saat ingin membakar lemak di perut. Mau tahu apa saja? Yuk, simak.

1. Perut dilatih hanya dengan satu gerakan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Bakar Lemak di Perutunsplash.com/Jonathan Borba

Beberapa orang percaya kalau sit up atau plank merupakan gerakan paling efektif untuk membakar lemak di perut. Anggapan semacam ini muncul karena kedua gerakan tadi memang berfokus pada perut. Pada dasarnya memang benar, hanya saja jika hanya melakukan dua gerakan ini, lama-lama hasilnya tidak akan efektif lagi.

Untuk hasil yang diinginkan, kita perlu mengubah latihan atau melakukan variasi setiap 4-6 minggu. Cobalah gerakan yang melibatkan putaran pinggang dan mengayuh sambil berbaring. Selain itu, latihan pada bola keseimbangan atau mengangkat satu kaki juga dapat melibatkan seluruh otot perut, lho.

2. Berolahraga setiap hari

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Bakar Lemak di Perutunsplash.com/Julia Ballew

Berolah raga memang menyehatkan karena juga dapat menjaga stamina tubuhmu. Akan tetapi, jika hanya demi target body goals, berolah raga setiap hari hanya akan membuat otot tubuhmu mengalami kelelahan. Faktanya, otot tubuh kita memerlukan waktu untuk pulih setelah melakukan aktivitas fisik, terlebih setelah melakukan latihan yang intens.
Setidaknya istirahatkan ototmu selama 48 jam agar tubuh memiliki kesempatan untuk regenerasi dan menguatkan otot kembali. Dengan memerhatikan waktu istirahat ini, cukup lakukan latihan untuk otot perutmu sebanyak 2-3 kali seminggu.

3. Menghindari latihan kardio

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Bakar Lemak di Perutunsplash.com/Clem Onojeghuo

Latihan kardio sering kali diabaikan saat melakukan program latihan untuk membakar lemak perut. Padahal selain menjaga stamina dan kesehatan jantung, latihan kardio justru bisa sangat efektif untuk meluruhkan lemak di perut. Salah satunya adalah latihan kombinasi dengan intensitas tinggi.

Mulailah dengan melakukan 4 gerakan berbeda yang masing-masing gerakan tidak boleh lebih dari 60 detik. Misalnya lakukan jumping jack, lanjutkan dengan burpee, plank, lalu push up. Lakukan sekeras yang kamu bisa, lalu beristirahatlah.

4. Hanya mengandalkan diet

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Bakar Lemak di Perutunsplash.com/Louis Hansel

Mengurangi kalori untuk membakar lemak hanya lewat diet makanan yang ketat justru tidaklah efektif. Diet makanan memang diperlukan, hanya saja aktivitas fisik juga tetap harus dijalani secara rutin dan konsisten. Berfokus pada diet makanan hanya akan menurunkan berat badanmu, tapi beberapa bagian seperti perut mungkin saja masih menyimpan sisa-sisa lemak. Ada baiknya selain diet yang tepat, kita juga melakukan latihan untuk membakar lemak tubuh.

5. Menolak untuk meminta bantuan ahli

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Bakar Lemak di Perutunsplash.com/Luis Quintero

Beberapa orang sering kali merasa sudah tahu apa yang harus dilakukan perihal latihan pembakaran lemak perut. Padahal, beberapa latihan sebenarnya membutuhkan bantuan ahli yang sudah berpengalaman. Jika tidak, salah-salah justru latihan yang dijalani malah bisa berbahaya untuk tubuh kita.

Di samping itu, diet yang tepat juga membutuhkan saran dari ahli gizi. Dengan memilih berkonsultasi lebih dulu, kita dapat menjalani latihan dan diet yang tepat untuk tubuh tanpa harus membahayakan kesehatan.

Nah, itu tadi beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat membakar lemak di perut. Kalau sudah tahu, sebaiknya hindari, ya.

sumber

Bagiin Yuk, Biar Temen Kita Tau!
Previous Cara Memperpanjang Paspor Secara Online, Gak Perlu Antre
Next EDISI7-JULI2019