5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut Selama Puasa Ramadan


Lapar dan haus tidak hanya jadi tantangan selama puasa Ramadan. Keluhan umum yang biasanya terjadi di lingkungan sosial adalah bau mulut, yang secara medis dikenal sebagai halitosis, sebuah istilah untuk udara tak sedap yang dikeluarkan lewat mulut.

Jadi, apa sebenarnya yang memicu bau mulut selama bulan puasa? Simak ulasan berikut!

1. Kebersihan mulut

5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut Selama Puasa Ramadanpexels.com/Pixabay

Penyebab utama bau mulut adalah buruknya kebersihan mulut. Jika kita tidak menjaga kebersihan mulut dengan sikat gigi dan berkumur dengan cairan kumur setidaknya dua kali, jumlah bakteri alami yang ada di mulut akan meningkat dan memicu bau mulut.

2. Mulut kering

5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut Selama Puasa Ramadanpexels.com/Pixabay

Intensitas bau mulut tiap orang berbeda-beda tergantung makanan dan keringnya mulut. Selama puasa, semakin kering mulut maka potensi bau mulut semakin besar.

Hal ini terjadi karena air liur adalah pembersih mulut alami yang mengandung antibakteri. Air liur membantu mencuci bakteri dan makanan dari mulut, serta mencegah timbulnya bau mulut.

3. Makanan yang dikonsumsi

5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut Selama Puasa Ramadanpexels.com/mentatdgt

Bahan makanan tertentu seperti bawang dan bumbu pedas bisa memicu bau mulut setelah dikonsumsi. Selain itu, bakteri di dalam mulut akan banyak menghasilkan gas berbau saat mengurai protein dari daging atau ikan.

Jika ada potongan daging yang tersangkut di gigi dan tidak dibersihkan dengan layak, maka risiko terjadinya bau mulut akan semakin bertambah.

4. Obat-obatan

5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut Selama Puasa Ramadanpexels.com/Pietro Jeng

Ada obat-obatan yang menyebabkan mulut kering sehingga memicu bau mulut, misalnya antihistamin dan obat-obatan untuk penyakit kronis seperti hipertensi (tekanan darah tinggi) dan diabetes.

Pasien yang sedang dalam proses rawat jalan karena suatu penyakit harus konsultasi pada dokter mereka selama puasa Ramadan untuk menyesuaikan konsumsi obat mereka.

5. Kondisi kesehatan

5 Hal Ini Bisa Menyebabkan Bau Mulut Selama Puasa Ramadanpexels.com/Anna Shvets

Banyak ahli menyatakan bahwa salah satu penyebab bau mulut atau halitosis adalah karena kondisi kesehatan dan obat-obatan yang dikonsumsi.

Sebagai contoh adalah penderita diabetes, GORD (gastro oesophageal reflux disease), dan asam lambung. Mereka harus konsultasi pada dokter sebelum menjalani puasa Ramadan.

Itulah lima penyebab terjadinya bau mulut selama puasa Ramadan. Apa kamu juga mengalaminya?

sumber

Bagiin Yuk, Biar Temen Kita Tau!
Previous 5 Hal yang Harus Dilakukan Saat Melihat Kekerasan Pada Anak
Next Ingat 6 Pola Pikir Ini Agar Tetap Sehat Kala Pandemik Berlangsung