5 Cara Jaga Semangat Tetap Positif Saat Berburu Pekerjaan yang Tepat


Tidak mudah untuk mencari pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan dirimu. Akan tetapi, saat mencari pekerjaan sering kali kamu mengeluh dan patah semangat. Mulai sekarang ubah sifat mudah menyerah menjadi semangat untuk menemukan pekerjaan yang tepat denganmu.

Nah, berikut ini akan ada ulasan mengenai 5 cara jaga semangat tetap positif saat berburu pekerjaan yang tepat. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

1. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

5 Cara Jaga Semangat Tetap Positif Saat Berburu Pekerjaan yang TepatPexels/Andrea Piacquadio

Perlu kamu ketahui bahwa caramu memperlakukan diri sendiri dapat mempengaruhi semangatmu, lho! Daripada terus-menerus melihat layar komputer atau HP dan berharap cemas akan panggilan wawancara lainnya, cobalah untuk lakukan aktivitas yang memaksamu untuk berhenti memikirkannya.

Seperti, memutar musik favoritmu, nikmati makanan sehat dan lezat, nyanyikan lagu favorit untuk menyegarkan semangatmu, kenakan pakaian favorit, dan sejenak manjakan diri dengan camilan favorit, menikmati film, ataupun membaca novel.

2. Ubah rutinitas

5 Cara Jaga Semangat Tetap Positif Saat Berburu Pekerjaan yang TepatPexels/Ekaterina Bolovtsova

Jika kamu hanya melakukan rutinitas mengamati lowongan pekerjaan, menyempurnakan surat lamaran, hingga menulis resume walau sedang berada di atas tempat tidur, hal inilah yang dapat membuat dirimu menjadi jenuh. Cobalah ganti dengan cara-cara yang memungkinkanmu untuk lebih efektif dan efisien dalam mencari pekerjaan.

Carilah aplikasi baru yang dapat memudahkanmu untuk menemukan pekerjaan sesuai dengan minat, atau cari suasana baru untuk mendapatkan suntikan semangat dan energi.

3. Fokus pada berbagai cara untuk mencari pekerjaan

5 Cara Jaga Semangat Tetap Positif Saat Berburu Pekerjaan yang TepatPexels/Andrea Piacquadio

Mungkin selama ini kamu hanya tahu satu-satunya cara untuk mendapatkan pekerjaan adalah dengan mengirimkan resume dan surat lamaran, lalu menghabiskan hari-hari berikutnya untuk terus-menerus mengecek email. Namun, pencarian pekerjaan tidak hanya melulu menggunakan cara tersebut, cobalah pertimbangkan untuk mengubahnya.

Misalnya dengan mengikuti bursa kerja, seminar, maupun event yang memberi kesempatan untuk bertemu orang-orang baru dan meningkatkan networking. Hal inilah yang dapat membuka kesempatan lebih besar untuk kamu mendapatkan pekerjaan yang selama ini dicari-cari. Cara lainnya juga dapat kamu lakukan dengan berlangganan newsletter yang bisa memberimu informasi terbaru jika tersedia lowongan pekerjaan.

4. Curhat pada orang-orang terpercaya

5 Cara Jaga Semangat Tetap Positif Saat Berburu Pekerjaan yang TepatPexels/mentatdgt

Dirimu tidak boleh merasa sendirian saat melakukan pencarian kerja. Carilah teman yang mengalami hal yang sama dan terima kritik yang membangun dari orang lain.

Ada baiknya untuk temukan orang yang dipercaya dan berpengalaman dalam membicarakan masalah dengan proses pencarian kerja. Namun, jika kamu mengalami kesulitan, maka cobalah untuk membicarakannya pada orang terdekat, tidak ada salahnya terlibat dalam komunitasonline untuk berbagi cerita dan informasi.

5. Baca biografi tokoh idola untuk meningkatkan semangat

5 Cara Jaga Semangat Tetap Positif Saat Berburu Pekerjaan yang TepatPexels/Tranmautritam

Pastinya, setiap orang yang kini telah mencapai puncak kesuksesan, seperti Steve Jobs hingga Jack Ma, telah berjuang dalam membangun kariernya. Cobalah untuk baca biografi maupun artikel lain tentang tokoh idola yang dapat membuatmu merasa jauh lebih baik.

Dengan melakukan hal itu, kamu dapat tersadar bahwa bukan hanya dirimu saja yang mengalami kesulitan dalam mencari kerja, sebab tokoh yang telah sukses sekalipun, pasti dahulu ia pernah mengalami kesulitan dalam masa-masa merintis kariernya.

Intinya, jangan patah semangat dan harapan untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu impikan. Semoga dapat bermanfaat, ya!

sumber

Bagiin Yuk, Biar Temen Kita Tau!
Previous 5 Hal Ini Harus Diperhatikan Jika Minum Kopi Saat Puasa
Next Nobody Knows Sebuah Batasan Tipis Antara Malaikat dan Iblis